10 Cara Memantau dan Mengevaluasi Rencana Pemasaran

Julizar SCF0 min read

Untuk mengukur keberhasilan rencana pemasaran yang dilakukan oleh tim penjualan, semua upaya pemasaran perlu diukur dengan cermat. Ini akan membantu Anda sebagai pengambik keputusan untuk mengidentifikasi apakah rencana pemasarann yang sudah Anda buat berhasil, hemat biaya dan juga data dapat digunakan untuk kegiatan pemasaran di masa depan.

Semua kegiatan atau rencana pemasaran perlu dievaluasi secara teratur sehingga tindakan korektif dapat dilakukan dari waktu ke waktu selama siklus pemasaran. Di bawah ini adalah beberapa metode pemantauan yang sering digunakan untuk menilai rencana pemasaran.

Langkah Memantau Aktivitas Pemasaran

  1. Laporan Segmen Pasar: Semua rencana pemasaran yang sudah dibuat melalui segmen pasar tertentu perlu diberi beri perhatian dengan benar. Salah satu contoh, pemesanan yang dibuat oleh perusahaan keuangan atau perbankan. Untuk mengukur keberhasilan rencana pemasaran, Anda perlu membuat sebuah tag mengidentifikasi dari segmen pasar mana leads yang masuk ke bagian front office, baik customer service maupun call center.

  2. Laporan Sumber Segmen: Semua sumber leads yang sudah dilayaniperlu diberi tag atau kategori dengan benar. Misalnya, pemesanan yang dibuat melalui email, telepon, situs web, dll. Diberi tanda atau dibuat kategori untuk mengidentifikasi dari segmen sumber mana pemesanan tersebut dibuat.

Rencana Pemasaran

  1. Catat dan Bandingkan Dengan Pesaing: Stelah aktivitas pemasaran, tim penjualan atau pemasaran harus membuat perbandingan antara produk yang sedang Anda pasarkan atau Anda promosikan dengan produk sejenis yang dijual oleh pesaing baik sebelum dan sesudah aktivitas pemasaran. Jika peningkatan laba atau pendapatan kurang dari apa yang telah Anda keluarkan untuk aktivitas pemasaran maka Anda perlu mengevaluasi kembali strategi pemasaran.

  2. Penggunaan kode PROMO: Menggunakan kode promosi unik untuk setiap aktivitas pemasaran dapat membantu tim melacak jumlah percakapan yang terjadi secara langsung dengan hasil kampanye pemasaran tersebut.

  3. Penggunaan nomor telepon khusus: Dengan menggunakan nomor kontak khusus untuk pemasaran tertentu dapat membantu tim pemasaran untuk melacak panggilan atau pertanyaan yang dihasilkan melalui kegiatan pemasaran.

  4. Penggunaan kode Voucher: Menggunakan voucher untuk setiap aktivitas pemasaran dapat membantu tim melacak jumlah percakapan yang terjadi secara langsung dengan hasil kampanye pemasaran.

  5. Melacak iklan online: Jika Anda menggunakan Google Adwords, Facebook Ads, Linkedin Ads, Twitter Promoted Tweet, email database marketing, dll. Maka Anda juga harus secara efektif melacaknya menggunakan Google analytics atau alat analitik serupa lainnya. Ini akan membantu Anda menyiapkan Sasaran, kode Kampanye, Media Kampanye, dll. Untuk pelacakan kunjungan dan juga membantu Anda melacak Pengembalian Investasi (ROI) Anda untuk promosi online semacam itu.

  6. *Lampirkan Profil Sumber: Untuk melacak pemesanan, sangat ideal untuk membuat kode harga khusus atau tarif paket untuk setiap aktivitas pemasaran. Tarif khusus ini kemudian dilampirkan ke sumber jenis profil. Semua pemesanan yang dihasilkan melalui aktivitas pemasaran dapat secara otomatis dipetakan ke tarif khusus dan profil sumber ini; baik secara manual secara otomatis dipetakan dengan solusi manajemen properti saat ini. Nantinya tim pemasaran atau manajemen puncak dapat mengeluarkan laporan produktivitas dan perkiraan berdasarkan profil sumber atau kode tarif.

  7. Melacak produktivitas tim penjualan: Direktur penjualan harus mengeluarkan laporan produktivitas dan perkiraan menurut segmen pasar, oleh manajer penjualan, dengan memesan kode sumber, berdasarkan profil sumber, persentase pengulangan, dll. Untuk melacak dan memantau produktivitas dan kinerja anggota tim penjualan dan pemasaran.

  8. Lacak Tujuan oleh staf penjualan: Pada setiap kuartal, direktur penjualan harus mengevaluasi kinerja setiap anggota tim penjualan. Misalnya, jika seorang manajer penjualan ditugaskan ke 1000 kontak penjualan atau prospek, maka dia harus menghubungi 70% prospek ini pada akhir kuartal tersebut.

Cara Membuat Strategi Pemasaran

Memastikan pemasaran Anda tetap di jalur - membantu Anda memenuhi tujuan Anda.

Sebagai bagian dari pengembangan rencana pemasaran apa pun, pengendalian pengukuran harus diidentifikasi untuk tujuan dan aktivitas pemasaran tertentu sebelum penerapan. Mengonfirmasi bagaimana aktivitas pemasaran diukur memungkinkan Anda untuk mengevaluasi secara berkelanjutan jika rencana pemasaran Anda tetap pada jalurnya dan bahwa tujuan bisnis kemungkinan besar akan tercapai.

Bagaimana Cara memantau dan mengevaluasi aktivitas pemasaran?

Untuk mendukung Anda dalam mengimplementasikan aktivitas pemasaran, ada beberapa alat ukur khas yang digunakan meliputi:

  • Penelitian untuk menilai tingkat kesadaran sebelum dan sesudah dengan pelanggan dan media.
  • Liputan media dibandingkan dengan pesaing
  • Jumlah pengikut dan tingkat pengaruhnya di situs media sosial
  • Kontrol anggaran
  • Skala waktu - memastikan aktivitas selesai tepat waktu
  • Jumlah pertanyaan
  • Peningkatan pengunjung ke situs web dan tingkat interaksi pengguna dengan situs web
  • Peningkatan penjualan

Jika Anda memerlukan bantuan untuk memahami apakah anggaran pemasaran Anda sesuai untuk Anda dan menganalisis tingkat efektivitasnya, hubungi JULIZAR CONSULTING untuk membuat rencana pemasaran yang efektif.

Share
Alamat

Jakarta, Indonesia
Menara Citibank LG-001
Jl. Metro Pondok Indah No.1
Pondok Indah
12310


Peringatan Penting

Investasi Crowdfunding properti yang kami tawarkan di situs julizar.com berpotensi kehilangan modal baik sebagian atau seluruh uang yang Anda investasikan. Meskipun tersedia pasar sekunder yang bisa membeli sertifikat induk investasi anda, namun ini akan membutuhkan waktu yang tidak bisa kami pastikan. Ini berarti Anda tidak akan dapat dengan mudah menjual investasi Anda jika Anda membutuhkan uang tunai dalam waktu singkat. Apabila situasi ini terjadi, semua risiko menjadi tanggung jawab anda!

  • 1. OTORITAS JASA KEUANGAN TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI. SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL–HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM.
  • 2. INFORMASI DALAM URUN DANA INI PENTING DAN PERLU MENDAPAT PERHATIAN SEGERA. APABILA TERDAPAT KERAGUAN PADA TINDAKAN YANG AKAN DIAMBIL, SEBAIKNYA BERKONSULTASI DENGAN PENYELENGGARA.
  • 3. PENERBIT DAN PENYELENGGARA, BAIK SENDIRI-SENDIRI MAUPUN BERSAMA-SAMA, BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN SEMUA INFORMASI YANG TERCANTUM DALAM LAYANAN URUN DANA INI.

Pelajari selengkapnya


2019© JULIZAR, All right reserved.