Demografi Konsumen: Cara Menentukan Target Pasar Yang Tepat

Julizar SCF0 min read

Kunci untuk memenangkan dan menjadi sukses menjadi seorang investor properti adalah dengan memahami faktor demografi klien anda. Memperhatikan tren pasar dari konsumen merupakan hal penentu dari sebuah bisnis untuk meraih kesuksesan.

Statistik demografi dari klien anda merupakan hal penting yang tidak boleh anda abaikan, misalnya jenis kelamin, usia, hobby, pekerjaan, status pernikahan, jumlah anggota keluarga, pendidikan dan lain lain. Informasi demografi terkadang gampang gampang susah untuk di dapati. Anda perlu melakukan studi untuk mencari tau informasi ini.

Misalnya, angka kelahiran meningkat, maka bisnis yang harus anda jalankan adalah peralatan dan perlengkapan bayi. Beberapa tahun kemudian akan ada peningkatan di sektor pendidikan, universitas dan pada akhirnya beberapa puluh tahun kemudian mereka akan membutuhkan tempat tinggal.

Kebanyakan pebisnis properti melakukan hal ini dan mereka menciptakan situasi ini untuk tujuan jangka panjang mereka. Seperti misalnya pengembang besar yang memiliki lahan ribuan hektar dimana jika di kembangkan dalam waktu puluhan tahun tidak akan habis. Sehingga dalam hal ini mereka membuat komunitas sendiri dan kota mandiri.

Pernahkan anda memperhatikan restoran waralaba besar seperti Mc Donal, KFC atau waralaba lainnya di pinggir jalan atau komplek perumahan? Ada sebuah alasan mengapa mereka hadir di pemukiman atau mereka membuat lingkungan sendiri. Awalnya memang sulit bagi yang pertama untuk memulai, alasannya mereka harus mengeluarkan uang banyak untuk melakukan reset yang mendalam tentang lokasi tersebut. Mereka menghitung faktor demografi dan karakteristik lingkungannya.

Bagaimana dengan yang kedua dan seterusnya? tentu saja mereka tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan ceruk pasar. Mereka tinggal mengambil sebagian pangsa pasar dari yeng pertama.

Untuk dapat sukses di bisnis properti anda harus melakukan studi kelayakan bisnis terlebih dahulu. Ya.. memang butuh uang untuk mendapatkan informasi ini tapi jika di bandingkan dengan hasil yang anda dapatkan di kemudian hari, ini tidaklah sebanding dengan keuntungan yang anda peroleh.

Apa Arti Segmentasi Pasar?

Segmentasi pasar adalah salah satu strategi bisnis dengan mengelompokkan produk/layanan yang dimiliki sesuai dengan kesamaan, kemiripan, minat serta kebutuhan pelanggan. Sebelum memasarkan produk bisnis Anda, ada baiknya Anda mengetahui segmentasi pasar yang ada saat ini, diantaranya:

a. Segmentasi Lokasi Segmentasi lokasi adalah segmentasi paling banyak diaplikasikan di Indonesia. Misalnya saja jika target pasar adalah Indonesia, maka perusahaan biasanya akan membangun pusat produksi yang lokasinya berada di Indonesia. Tujuan adalah agar lebih dekat kepada konsumen sehingga pengeluaran biaya semua bisa ditekan lebih murah.

b. Segmentasi Waktu Segmentasi waktu hampir jarang digunakan, biasanya hanya di terapkan pada waktu-waktu tertentu. Contohnya jualan parcel biasanya akan laku saat hari raya atau pedagang baju biasanya akan kebanjiran order saat mendekati Idul Fitri dan hari besar lainnya.

c. Segmentasi Harga Dengan menggunakan segmentasi harga, Anda dapat lebih mudah mempertimbangkan kekuatan atau kelemahan ekonomi dari target market Anda. Anda harus jeli melihat pangsa pasar ini. Ada konsumen yang mampu dengan membeli produk dengan harga tinggi, ada juga yang hanya mampu membeli dengan harga yang lebih rendah. Anda bisa menerapkan harga pada setiap produk mulai dari harga rendah, menengah, maupun tinggi ketika Anda sudah memahami target pasar Anda, biasanya target pasarnya cukup besar.

d. Segmentasi Demografi Faktor jenis kelamin, usia, dan penghasilan merupakan variabel yang paling banyak digunakan pada segmentasi demografi. Karena bisa jadi produk yang dijual hanya cocok untuk laki-laki, sedangkan untuk perempuan sudah berbeda. Ada lagi produk yang hanya dikhususkan kepada orang dewasa saja, sehingga Anda harus melakukan segmentasi demografi ini agar tidak salah sasaran.

Demografi Konsumen

Kriteria Segmentasi Pasar

Sebagai calon investor, Anda tentu harus memahami target pasar bisnis yang akan Anda investasikan. Anda harus bisa membuat berbagai macam skenario dalam suatu bentuk studi sebagai cara memahami dan mencari strategi pemasaran yang cocok untuk target market Anda. Caranya Anda dapat membagi pasar berbasis luas ke dalam kelompok konsumen tertentu, dan merancang metode pemasaran yang akan menarik bagi setiap kelompok.

Penting bagi Anda untuk memfokuskan sumber daya yang di butuhkan untuk setiap segmen pasar dan mengetahui kekuatan dan ukuran, pertumbuhan, dan profitabilitasnya tinggi. Berikut adalah 5 kriteria segmentasi pasar yang berguna bagi Anda ketika Anda ingin menaklukkan pasar Anda dengan strategi segmentasi.

  1. Measurable (Terukur) Segmen pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan atau sederhanya Anda harus mengetahui kekuatan dan kelemahan pasar tersebut dengan menggunakan SWOT analisis. Riset pasar yang handal harus dapat mengidentifikasi segmentasi pasar sehingga tingkat akurasi yang dapat di realisasikan. Konsultan bisnis Anda kemudian menjawab beberapa pertanyaan penting 5W 1H, apakah, bagaimana, dan sejauh mana mereka harus memfokuskan upaya mereka pada pemasaran ke segmen ini.

  2. Substantial (Substansial) Tidak ada gunanya membuang anggaran pemasaran yang besar untuk pasar yang kecil atau memiliki daya beli negatif. Segmen pasar yang layak adalah dari kelompok yang homogen dengan karakteristik yang jelas seperti kelompok usia, latar belakang sosio-ekonomi dan persepsi merek. Hal yang bersifat musiman juga penting di sini. Tidak ada ahli strategi pasar yang akan merekomendasikan untuk fokus pada kelompok pelanggan yang tidak stabil yang kemungkinan akan menemukan kegagalan.

  3. Accessible (Dapat diakses) Ketika melakukan riset pasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana target audiens Anda dapat mengakses informasi dengan mudah. Anda juga harus mengenal kekuatan dan kemampuan internal Anda terutama departemen pemasaran Anda.

  4. Differentiable (Dapat dibedakan) Segmen pasar yang ideal di sisi internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam segmen memiliki preferensi dan karakteristik yang sama), namun secara eksternal adalah heterogen. Perbedaan antara segmen pasar harus didefinisikan dengan jelas sehingga kampanye produk dan alat pemasaran dilaksanakan tidak tumpang tindih.

  5. Actionable (Dapat ditindaklanjuti) Segmen pasar harus memiliki nilai praktis dan harus menyediakan data pendukung untuk posisi pemasaran atau pendekatan penjualan. Hal ini harus menjadi hasil yang mudah diukur, ideal dalam kaitannya dengan pengukuran yang ada dari segmen pasar sebagaimana didefinisikan oleh riset dalam mengeahui segmen pasar.

Baca Juga

Share
Alamat

Jakarta, Indonesia
Menara Citibank LG-001
Jl. Metro Pondok Indah No.1
Pondok Indah
12310


Peringatan Penting

Investasi Crowdfunding properti yang kami tawarkan di situs julizar.com berpotensi kehilangan modal baik sebagian atau seluruh uang yang Anda investasikan. Meskipun tersedia pasar sekunder yang bisa membeli sertifikat induk investasi anda, namun ini akan membutuhkan waktu yang tidak bisa kami pastikan. Ini berarti Anda tidak akan dapat dengan mudah menjual investasi Anda jika Anda membutuhkan uang tunai dalam waktu singkat. Apabila situasi ini terjadi, semua risiko menjadi tanggung jawab anda!

  • 1. OTORITAS JASA KEUANGAN TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI. SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL–HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM.
  • 2. INFORMASI DALAM URUN DANA INI PENTING DAN PERLU MENDAPAT PERHATIAN SEGERA. APABILA TERDAPAT KERAGUAN PADA TINDAKAN YANG AKAN DIAMBIL, SEBAIKNYA BERKONSULTASI DENGAN PENYELENGGARA.
  • 3. PENERBIT DAN PENYELENGGARA, BAIK SENDIRI-SENDIRI MAUPUN BERSAMA-SAMA, BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN SEMUA INFORMASI YANG TERCANTUM DALAM LAYANAN URUN DANA INI.

Pelajari selengkapnya


2019© JULIZAR, All right reserved.