Michael Potter: 5 Forces Model dan Strategi

Julizar SCF0 min read

Porter's Five Forces atau 5 kekuatan potter adalah analisa sederhana namun cukup kuat dan signifikan untuk memahami daya saing dalam lingkungan bisnis Anda. Porter's Five Forces atau 5 kekuatan potter berguna untuk mengidentifikasi potensi strategi Anda.

Analisi ini berguna, ketika Anda memahami kekuatan di lingkungan atau industri Anda yang dapat memengaruhi profitabilitas perusahaan Anda. Dengan analisis ini Anda dapat menyesuaikan strategi bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat mengambil keuntungan dari bisnis Anda yang memiliki posisi kuat dan meningkatkan yang lemah atau yang tidak memiliki daya saing, jadi Anda bisa terhindar dari mengambil langkah yang salah di masa depan.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi masing-masing Lima Kekuatan Porter. Kami melihat bagaimana strategi ini dapat membantu Anda menganalisis kekuatan dan kelemahan posisi Anda, dan bagaimana cara antisipasi strategi bisnis jangka pendek dan jangka panjang yang dapat memengaruhi profitabilitas bisnis Anda.

Memahami Lima Kekuatan Porter

Lima kekuatan Porter adalah:

  1. Persaingan di industri

  2. Potensi pendatang baru di industri

  3. Kekuatan pemasok

  4. Kekuatan pelanggan

  5. Ancaman produk pengganti

Strategi ini dibuat oleh profesor Harvard Business School Michael Porter, untuk menganalisis daya tarik industri dan menganalisa kelemahan dan kekuatan pesaing untuk meningkatkan keuntungan bisnis perusahaan Anda. Sejak bukunya di publikasikan tentang kompetitif strategi ini pada tahun 1979, bukunya telah menjadi salah satu alat strategi bisnis yang paling populer di dunia dan di gunakan oleh berbagai macam bisnis di seluruh dunia.

Pada dasarnya Porter menyadari bahwa sebuah organisasi cenderung mengawasi pesaing mereka. Ini bertujuan untuk mendorong pelaku bisnis untuk melihat kekuatan dan kelemahan serta kesempatan yang bisa di manfaatkan di luar tindakan pesaing dan memeriksa faktor-faktor lain apa yang dapat berdampak pada lingkungan bisnis.

5 strategi potter

Michael Potter mengidentifikasi lima kekuatan yang membentuk lingkungan kompetitif, dan yang dapat mengikis profitabilitas bisnis Anda. Berikut ini adalah 5 porter forces:

Persaingan yang kompetitif/Competitive Rivalry

Ini berguna untuk melihat jumlah dan kekuatan pesaing Anda. Berapa banyak saingan yang Anda miliki? Siapa mereka, dan bagaimana kualitas produk dan layanan mereka dibandingkan dengan Anda?

Dalam persaingan yang sangat ketat, perusahaan dapat menarik pelanggan dengan berbagai gimmic seperti membarikan potongan harga, kupon, dan membuat kampanye pemasaran yang bisa memberikan dampak tinggi untuk bisnsi Anda. Di pasar dengan banyak pesaing, pemasok dan pembeli Anda dapat pergi ke tempat lain jika mereka merasa bahwa mereka tidak mendapatkan penawaran bagus dari Anda.

Di sisi lain, di mana persaingan kompetitif sangat minim, dan tidak ada orang lain yang melakukan apa yang Anda lakukan, maka kemungkinan besar Anda akan memiliki kekuatan luar biasa dan bisa menjadi penguasa pasar sehingga akan memberikan keuntungan yang besar untuk bisnis Anda.

Kekuatan Pemasok/Supplier Power

Supplier sangat berpengaruh besar dalam profitabilitas bisnis Anda dan ini ditentukan oleh seberapa mudah pemasok Anda menaikkan harga. Anda harus jeli dalam memlilih pemasok dan Anda harus tau seberapa banyak pemasok potensial yang Anda miliki saat ini. Selain itu Anda harus tau seberapa unik produk atau jasa yang mereka sediakan, dan seberapa mahalkah biaya yang harus di keluarkan untuk beralih dari satu pemasok ke pemasok lainnya?

Semakin banyak Anda memiiliki pemasok, semakin besar kemungkinan Anda untuk memilih dan semakin mudah untuk mendapatkan alternatif yang lebih murah. Tetapi semakin sedikit pemasok, dan semakin Anda membutuhkan bantuan mereka, semakin kuat posisi mereka dan kemampuan mereka untuk menaikkan harga lebih besar dan itu bisa memengaruhi laba Anda.

Kekuatan Pembeli/Buyer Power

Di sini, Anda bertanya pada diri sendiri betapa mudahnya pembeli bisa menurunkan harga Anda. Dalam banyak pola pikir pelaku bisnis terutama bagian pemasaran, pembeli adalahh raja. Semakin banyak raja raja kecil yang bertebaran di bisnis Anda tentu ini akan berpengaruh untuk penurunan harga Anda dan jelas mereka merasa memiliki kekuatan yang kompetitif.

Dalam kasus seperti ini jika itupun harus terjadi, Anda harus bisa membuat keputusan yang tepat. Seberapa banyak pembeli yang saat ini ada di bisnis Anda, dan seberapa besar pesanan mereka. Jika Anda sudah mengantisipasi masalah ini, hal lain yang harus Anda lakukan adalah menghitung biaya jika raja raja kecil itu beralih dari produk anda dan melirik produk atau layanan saingan Anda. Apakah pembeli Anda cukup kuat untuk mendikte dan membuat persyaratan tertentu kepada Anda?

Ketika Anda berurusan dengan hanya beberapa pelanggan yang cerdas, mereka memiliki kekuatan lebih, tetapi kekuatan Anda meningkat jika Anda memiliki banyak pelanggan.

Ancaman Substitusi/Threat of Substitution

Ini merujuk pada kemungkinan pelanggan Anda menemukan cara berbeda untuk melakukan apa yang Anda lakukan. Misalnya, jika Anda menyediakan produk perangkat lunak unik yang mengotomatiskan proses penting, orang dapat menggantinya dengan melakukan proses secara manual atau dengan melakukan outsourcing. Substitusi yang mudah dan murah dapat melemahkan posisi Anda dan mengancam keuntungan Anda.

Kasus seperti ini bisa Anda pelajari dan jika perlu Anda ajukan hak cipta sehingga pesaing Anda akan sangat berhati hati untuk menduplikasi karya Anda. Tapi tak semua bisnis bisa di lakukan seperti ini, mungkin untuk bisnis kreatif ini masi bisa berlaku atau bisnis yang membutuhkan teknologi tinggi. Jika bisnis Anda adalah jasa, ini tentu akan sulit mengukurnya.

Ancaman Bisnis Baru/Threat of New Entry

Ketika sebuah bisnis baru masuk dan mulai mengguras pangsa pasar Anda, posisi Anda dapat dipengaruhi oleh kemampuan orang untuk memasuki pasar Anda. Jadi, pikirkan betapa mudahnya sebuah bisnis baru menduplikasi bisnis Anda. Anda harus benar benar kuat untuk mengetahui seberapa mudah untuk mendapatkan pijakan di industri atau pasar Anda. Selain itu Anda juga harus menghitung berapa biayanya, dan seberapa ketat sektor Anda saat ini.

Jika sebuah pendatang baru masuk ke pasar Anda, Anda harus menghitung seberapa kuat mereka, seberapa kompetitif produk dan layanan mereka, dan bagaimana strategi pemasaran mereka. Jika hanya butuh sedikit uang dan upaya untuk memasuki pasar Anda dan bersaing secara efektif, atau jika Anda memiliki sedikit perlindungan untuk teknologi utama Anda, maka pesaing dapat dengan cepat memasuki pasar Anda dan melemahkan posisi Anda. Jika Anda memiliki hambatan yang kuat dan tahan lama untuk masuk, maka Anda dapat mempertahankan posisi yang menguntungkan dan memanfaatkannya secara adil.

Menurut Porter, Lima Kekuatan ini adalah sumber utama tekanan kompetitif dalam suatu industri. Dia menekankan bahwa penting untuk tidak membingungkan mereka dengan faktor-faktor yang lebih cepat yang dapat menarik perhatian Anda, seperti tingkat pertumbuhan industri, intervensi pemerintah, dan inovasi teknologi. Ini adalah faktor sementara, sementara Lima Kekuatan di atas adalah bagian permanen dari struktur industri.

Contoh Lima Kekuatan Porter Dalam Bisnis

Contoh Lima Kekuatan Porter Dalam Bisnis

Analisis Lima Kekuatan Porter adalah alat penting untuk memahami kekuatan yang membentuk persaingan dalam suatu industri. Ini juga berguna untuk membantu Anda menyesuaikan strategi agar sesuai dengan lingkungan kompetitif Anda, dan untuk meningkatkan potensi keuntungan Anda.

Lima Kekuatan Porter bekerja dengan melihat kekuatan dari lima kekuatan penting yang mempengaruhi persaingan:

  • Kekuatan Pemasok: kemampuan pemasok untuk menaikkan harga input Anda.
  • Kekuatan Pembeli: kekuatan pelanggan Anda untuk menurunkan harga Anda.
  • Persaingan Kompetitif: kekuatan persaingan dalam industri.
  • Ancaman Substitusi: sejauh mana berbagai produk dan layanan dapat digunakan di tempat Anda sendiri.
  • Ancaman Pesaing Baru: kemudahan pesaing baru dapat memasuki pasar jika mereka melihat bahwa Anda mendapat untung besar (dan kemudian menurunkan harga).

Dengan memikirkan bagaimana setiap kekuatan memengaruhi Anda, dan dengan mengidentifikasi kekuatan dan arahnya, Anda dapat dengan cepat menilai posisi Anda.

Anda kemudian dapat melihat perubahan strategis apa yang perlu Anda lakukan untuk menghasilkan laba jangka panjang perusahaan Anda.

BACA JUGA

Share
Alamat

Jakarta, Indonesia
Menara Citibank LG-001
Jl. Metro Pondok Indah No.1
Pondok Indah
12310


Peringatan Penting

Investasi Crowdfunding properti yang kami tawarkan di situs julizar.com berpotensi kehilangan modal baik sebagian atau seluruh uang yang Anda investasikan. Meskipun tersedia pasar sekunder yang bisa membeli sertifikat induk investasi anda, namun ini akan membutuhkan waktu yang tidak bisa kami pastikan. Ini berarti Anda tidak akan dapat dengan mudah menjual investasi Anda jika Anda membutuhkan uang tunai dalam waktu singkat. Apabila situasi ini terjadi, semua risiko menjadi tanggung jawab anda!

  • 1. OTORITAS JASA KEUANGAN TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI. SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL–HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM.
  • 2. INFORMASI DALAM URUN DANA INI PENTING DAN PERLU MENDAPAT PERHATIAN SEGERA. APABILA TERDAPAT KERAGUAN PADA TINDAKAN YANG AKAN DIAMBIL, SEBAIKNYA BERKONSULTASI DENGAN PENYELENGGARA.
  • 3. PENERBIT DAN PENYELENGGARA, BAIK SENDIRI-SENDIRI MAUPUN BERSAMA-SAMA, BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN SEMUA INFORMASI YANG TERCANTUM DALAM LAYANAN URUN DANA INI.

Pelajari selengkapnya


2019© JULIZAR, All right reserved.