SMART Goals Setting: Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui

Julizar SCF0 min read

SMART goals adalah teknik populer untuk memvalidasi tujuan Anda. Ini penting karena membantu Anda menghemat waktu dan energi dengan membuat proses penetapan tujuan lebih efisien dan produktif.

Goals atau tujuan adalah bagian dari setiap aspek bisnis / kehidupan dan memberikan arah, motivasi, fokus yang jelas, dan menjelaskan pentingnya. Dengan menetapkan tujuan, Anda memberi diri Anda sendiri target untuk dibidik. Sasaran SMART digunakan untuk membantu memandu penetapan tujuan.

SMART adalah akronim dari:

  • Specific
  • Measurable
  • Achievable
  • Realistic
  • Timely

Oleh karena itu, tujuan SMART menggabungkan semua kriteria ini untuk membantu memfokuskan upaya Anda dan meningkatkan peluang pencapaian tujuan Anda.

Apa itu Sasaran SMART?

Ada beberapa cara untuk mendefinisikan akronim SMART. Ini adalah definisi yang paling sesuai untuk pemilik usaha Anda:

  • Spesifik: Anda telah menentukan dengan jelas apa yang ingin Anda capai.

  • Terukur: Anda telah mengidentifikasi target dan pencapaian untuk melacak kemajuan Anda.

  • Dapat dicapai: Tujuan Anda realistis dan dapat dikelola.

  • Relevan: Anda telah mengidentifikasi sasaran yang sesuai dengan model bisnis Anda.

  • Berbasis Waktu: Anda telah mengidentifikasi periode waktu tertentu untuk tujuan tersebut.

Contoh SMART goals

  1. Spesifik

Sasaran yang spesifik memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk dicapai. Untuk membuat tujuan spesifik, lima pertanyaan "W" harus dipertimbangkan. Mungkin Anda sudah paham apa yang dimaksud dengan 5 W, 1 H, yaitu Who, What, Want, Where, When, dan How.

  • Siapa: Siapa yang terlibat dalam tujuan ini?
  • Apa: Apa yang ingin saya capai?
  • Dimana: Dimana tujuan ini ingin dicapai?
  • Kapan: Kapan saya ingin mencapai tujuan ini?
  • Mengapa: Mengapa saya ingin mencapai tujuan ini?
  • Bagaimana: Bagaimana Anda bisa mencapai tujuan tersebut

Misalnya, tujuan umumnya adalah "Saya ingin menjadi bugar". Sasaran yang lebih spesifik adalah "Saya ingin mendaftar keanggotaan gym di pusat kebugaran dan berolahraga empat hari seminggu agar lebih sehat."

  1. Terukur

Sasaran SMART harus memiliki kriteria untuk mengukur kemajuan. Jika tidak ada kriteria, Anda tidak akan dapat menentukan kemajuan Anda dan jika Anda berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan Anda. Untuk membuat tujuan dapat diukur, tanyakan pada diri Anda:

  • Berapa banyak?
  • Bagaimana saya tahu jika saya telah mencapai tujuan saya?
  • Apa indikator kemajuan saya?

Misalnya, membangun tujuan spesifik di atas: Saya ingin mendaftar keanggotaan gym di dekat rumah saya dan berolahraga empat hari seminggu untuk menjadi lebih sehat. Setiap minggu, saya akan berusaha menghilangkan satu gram lemak di tubuh saya.

  1. Dapat Dicapai

Sasaran SMART harus dapat dicapai. Ini akan membantu Anda mencari cara untuk mewujudkan tujuan itu dan bekerja untuk itu. Pencapaian tujuan harus diperluas untuk membuat Anda merasa tertantang, tetapi didefinisikan dengan cukup baik sehingga Anda benar-benar dapat mencapainya. Tanya pada diri sendiri:

  • Apakah saya memiliki sumber daya dan kemampuan untuk mencapai tujuan? Jika tidak, apa yang saya lewatkan?

  • Pernahkah orang lain melakukannya dengan sukses sebelumnya?

  1. Realistis

Sasaran SMART harus realistis dalam hal tujuan dapat dicapai secara realistis dengan sumber daya dan waktu yang tersedia. Sasaran SMART kemungkinan besar realistis jika Anda yakin bahwa tujuan itu dapat dicapai. Tanya pada diri sendiri:

  • Apakah tujuan tersebut realistis dan dapat dicapai?
  • Apakah tujuan dapat dicapai, mengingat waktu dan sumber daya?
  • Apakah Anda dapat berkomitmen untuk mencapai tujuan?
  1. Tepat Waktu

Sasaran SMART harus terikat waktu karena memiliki tanggal mulai dan selesai. Jika tujuan tidak dibatasi waktu, tidak akan ada rasa urgensi dan, oleh karena itu, motivasi untuk mencapai tujuan berkurang. Tanya pada diri sendiri:

  • Apakah tujuan saya memiliki tenggat waktu?
  • Kapan Anda ingin mencapai tujuan Anda?

Misalnya, membangun tujuan di atas: Pada tanggal 1 Agustus, saya akan mendapatkan mendaftar keanggotaan gym di dekat rumah saya. Agar lebih sehat, saya akan berolahraga empat hari seminggu. Setiap minggu, saya akan berusaha menghilangkan satu gram lemak tubuh. Pada akhir bulan, saya akan mewujudkan tujuan saya jika saya kehilangan satu kilo lemak selama sebulan.

Pentingnya Penetapan Sasaran SMART

Seringkali, individu atau bisnis gagal dengan menetapkan tujuan yang umum dan tidak realistis seperti "Saya ingin menjadi yang terbaik di X." Tujuan ini tidak jelas, tanpa arah.

Sasaran SMART menyiapkan Anda untuk sukses dengan membuat sasaran spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu. Metode SMART membantu mendorong Anda lebih jauh, memberi Anda arah, dan membantu Anda mengatur dan mencapai tujuan Anda.

Penetapan sasaran SMART adalah tentang memecah sasaran menjadi segmen yang divalidasi. Pada awal proses, sebelum Anda menjalankan tujuan Anda melalui kriteria SMART, akan sangat membantu untuk memulai dari akhir dan bekerja mundur. Ketika Anda memiliki gambaran besar tentang tujuan akhir, seringkali lebih mudah untuk tetap fokus selama proses.

Setelah Anda memiliki gambaran besarnya, Anda perlu mengambil pendekatan yang berlawanan dan fokus pada detail. Saat Anda mulai memecah tujuan Anda menjadi tindakan yang lebih kecil untuk memenuhi kriteria SMART "terukur" dan "dapat dicapai", sertakan tindakan yang sekecil dan sespesifik mungkin. Semakin kecil langkah yang perlu Anda lakukan, semakin mudah untuk membuat kemajuan yang bergerak maju dan membangun momentum.

Penetapan tujuan SMART adalah tentang menggunakan rumus yang, ketika diselesaikan dengan sukses, akan membawa Anda dari titik A ke titik B secara efisien. Semakin terstruktur Anda dalam prosesnya, semakin mudah Anda membuat kemajuan. Gunakan lembar kerja SMART untuk memulai. Dan tahan keinginan untuk menetapkan tujuan di kepala Anda! Tuliskan semuanya, sehingga Anda memiliki catatan tentang apa yang Anda tuju dan bagaimana Anda ingin mencapainya.

Ketika Anda sudah mengakar dalam tujuan Anda dan begitu fokus pada tindakan sehari-hari yang perlu Anda ambil, akan mudah untuk melupakan di mana Anda berada dalam proses itu. Rencanakan check-in sasaran rutin untuk mengukur kemajuan Anda, tinjau langkah Anda selanjutnya, dan rayakan kesuksesan Anda. Ini bukan hanya cara yang bagus untuk memastikan Anda bergerak ke arah yang benar, tetapi juga akan membuat Anda menikmati kemajuan Anda dan tetap termotivasi untuk terus bergerak.

Tujuan terbuka berbahaya karena sejumlah alasan, salah satunya adalah tidak adanya urgensi atau tekanan waktu untuk mendorong kemajuan. Tidak ada tanggal akhir seringkali berarti kemajuan yang lebih lambat. Itulah mengapa bagian "berbasis waktu" dari penetapan tujuan SMART sangat penting. Pikirkan garis waktu untuk tujuan Anda saat pertama kali memulai dan bagi menjadi beberapa target yang lebih kecil sehingga Anda dapat dengan mudah melihat kesuksesan Anda di setiap pencapaian.

ARTIKEL TERKAIT

Share
Alamat

Jakarta, Indonesia
Menara Citibank LG-001
Jl. Metro Pondok Indah No.1
Pondok Indah
12310


Peringatan Penting

Investasi Crowdfunding properti yang kami tawarkan di situs julizar.com berpotensi kehilangan modal baik sebagian atau seluruh uang yang Anda investasikan. Meskipun tersedia pasar sekunder yang bisa membeli sertifikat induk investasi anda, namun ini akan membutuhkan waktu yang tidak bisa kami pastikan. Ini berarti Anda tidak akan dapat dengan mudah menjual investasi Anda jika Anda membutuhkan uang tunai dalam waktu singkat. Apabila situasi ini terjadi, semua risiko menjadi tanggung jawab anda!

  • 1. OTORITAS JASA KEUANGAN TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI. SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL–HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM.
  • 2. INFORMASI DALAM URUN DANA INI PENTING DAN PERLU MENDAPAT PERHATIAN SEGERA. APABILA TERDAPAT KERAGUAN PADA TINDAKAN YANG AKAN DIAMBIL, SEBAIKNYA BERKONSULTASI DENGAN PENYELENGGARA.
  • 3. PENERBIT DAN PENYELENGGARA, BAIK SENDIRI-SENDIRI MAUPUN BERSAMA-SAMA, BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN SEMUA INFORMASI YANG TERCANTUM DALAM LAYANAN URUN DANA INI.

Pelajari selengkapnya


2019© JULIZAR, All right reserved.